Kamis, 30 Agustus 2018

Curug cimarinjung


Curug dalam bahasa sundanya, atau air terjun Ini termasuk dalam Kawasan Geopark Ciletuh, Berdekatan sekali dengan Pantai Palangpang.

Dan jika di lihat dari pantai palangpang curug ini sangat terlihat jelas. berada di kampung  cimarinjung yang berada di perbatasan desa ciwaru dan giri mukti, kecamatan ciemas, dan masih masuk dalam area kabupaten sukabumi.

Untuk menuju lokasi ini banyak rintangan yang di lalui terutama akses jalan yang menanjak curam dan menurun, maklumlah daerah ini berada di kawasan penguungan. 

Disepanjang jalan menuju tempat ini banyak kita lalui pengendara turing motor. Termasuk saya juga mengunakan motor untuk menuju tempat ini.

Saat saya berkunjung ketempat ini Minggu 19 Agustus 2018. debit air sungai cimarinjung tidak terlalu besar karena masih di musim kemarau, area persawahan pun terlihat kering. tetpi masih terlihat indah dengan hamparan pantai yang terlihat jelas jika di lihat dari atas.

Keunikan tersendiri jika berkunjung pada musim kemarau dapat terlihat dinding tebing yang indah yang berumur sudah sangat tua menurut penjaga tiket masuk tempat ini batuanya sudah ada sejak 60 juta tahun yang lalu, mirip seperti suasana jaman purba. 
selain itu curuk ini memiliki dinding dindingnya di kelilingi tebing dan bebatuan yang keras. Aliran airnya bermuara di teluk ciletuh