Jumat, 05 Januari 2018

Kalibiru Kulon Progro Jogyakarta

Menjelang Penghujung Akhir Tahun 2017 dan menyambut tahun baru 2018 ini saya berkesempatan bersama Istri dan anak dapat mengunjungi kulon progro Sebuah tempat yang berada di Kabupaten Kulon Progo Provinsi Jogjakarta yaitu tepatnya di Desa Hargowilis yang bernama objek wisata alam Kalibiru. Merupakan objek wisata alam yang memanjakan mata bagi orang yang melihatnya.


Untuk Menuju Tempat ini jalan yang di lalui amatlah mudah dari arah wates atau pun bantul anda dapat menuju lansung ke arah waduk sermo nah lokasi kali biru berada diatas waduk sermo.
jika di lihat dari jarak waduk sermo ke kali biru kira kira sekitar 2 km nanjak keatas berdasarkan perhitungan jarak spidometer mobil yang saya gunakan. 
Diatas perbukitan kali biru yang udaranya sangat sejuk mirip seperti di puncak bogor, namun harus di pertimbangkan masak masak bila ingin ketempat ini,  jalan yang di lalui sangat Curam setelah melewati waduk terdapat dua tanjakan curam dan berliku sebanyak 2 kali sepanjang 500 meter bagi yang mengunakan kendaraan harap mengecek dahulu kondisi kesehatan kendaraanya terutama yang mengunakan Roda 4.


Dari atas kali biru ini anda dapat melihat jajaran perbukitan manoreh dan waduk sermo yang seperti bitang dimana kadang air nya berubah warna menjadi biru saat pagi hari, hijau saat siang hari yang kekuningan saat sore hari, disediakan beberapa tempat spot foto yang latarnya sama yaitu menuju waduk sermo.
 

Tapi sayang saat saya datang ketempat ini di libur natal bulan desember 2017 spot untuk antrian foto nya sangat panjang sekali, sehingga membutuhkan waktu lama untuk antre menunggu di foto. Dan sekedar saran dari saya diharapkan pegelola menambah spot poto yang lebih banyak dengan berbagai kreatifitas yang bukan hanya tempat foto diatas pohon tertapi di padu dengan kreasi yang unik seperti sepeda, bolon terbang, ayunan atau hal hal yang unik lainya agar wisatawan yang berkunjung di tempat ini betah untuk berlama lama di tempat ini.

selain spot foto kita bisa menikmati rute jalan kaki santai di tempat inidenganjarak rute yang sudah di tentukan oleh pengelola sambil menikmati hijaunya hutan kali biru. 

Sekedar saran dari saya, sebaiknya untuk datang ketempat ini di sipkan kondisi tubuh yang benar benar fit, karena akan menguras tenaga untuk naik keatasnya melihat indahnya alam indonesia. kedua Selain itu bawalah cadangan baterai HP, atau Camera karena view pemandangan di tempat ini sangat bagus sekali, sayang sekali jika momen terindah saat anda datang ketempat ini tidak di abadikan.

Ketiga gunakan alas kaki yang di rasa nyaman untuk di gunakan di jalan yang menanjak dengan daya cengkram yang maksimal, karena konstruksi dan kontur tanah di sini tidak rata dan berbukit. empat Gunakan Lotions anti nyamuk untuk menghindari dari gigitan nyamuk. Dan ke lima Jika anda megunakan mobil atau motor pribadi bawalah kendaraan yang benar benar fit jika tidak yakin periksalah dahulu di waduk sermo sebelum naik keatas, karena jalan yang di lalui jalan menanjak dan tikungan yang curam. Ke enam Bagi anda yang mengemudikan kendaraan siapkan mental dan skil mengemudinya untuk membawa kendaraan anda di agar tetap stabil dan ingat jangan membawa muatan yang terlalu berlebih, khusus bagi pemula jangan coba coba melaju sendiri di tempat ini. 

selamat menikmati keindahan alam kali biru.
salam Indonesia........