Rabu, 12 April 2017

Pulau Lengkuas dari Atas L.I. Enthoven

Pulau Lengkuas Dari Atas L.I.Enthoven

Destinasi Yang tidak Kalah Menarik Di pulau Belitung adalah Wisata Kepulauannya, Puluhan pulau kecil yang berpenghuni atau tak berpenghuni tersebar di Pulau Bangka Belitung, dimana setiap pulau memiliki Keistimewaan masing masing. Kali Ini saya akan coba merangkum salah satu pulau yang paling terkenal di kepulauan bangka belitung, Yaitu Pulau Lengkuas.

Untuk Menuju Pulau Lengkuas Kita Harus Menyewa perahu Motor, kebetulan Saya beserta Opa Warji Laka laka, Om dedy obay, Mas Is, beserta Om ibob, jasmin dan teh ines, Amah Chiko berserta bintang,  satu Rombongan Naik Perahu motor dari Pelabuhan Pantai Tanjung Kelayang. Selama di dalam perjalanan menuju pulau lengkuas kita akan melewati jajaran pulau pulau kecil yang ada di belitung timur.

Perjalanan Menuju Pulau Lengkuas














Perahu motor tepat pukul 09.10 perjalanan menuju pulau lengkuas di mulai, dengan beberapa persiapan sperti makanan kecil serta perlengkapan menyelam yang sudah di siapkan oleh Mas ish Navigator Kami karena agenda di pulau ini adalah napak tilas pulau lengkuas.

Ternyata di perjalanan sungguh luar biasa laut yang tenang dengan riak ombak ombak dengan gelombang kecil memacu perahu berjalan mulus dengan sedikit goyangan, tidak membuat pusing kepala. Ditambah lagi Semilir angin laut yang bertiup membuat mata ini ingin terpejam tidur di perahu, Tapi stop jgn terlena oleh suanan yang bengitu sejuk karena sayang sekali perjalanan indah ini di gunakan untuk tidur di atas perahu, tidak di manfaatkan untuk menikmati gugusan pulau pulau indah di belitung timur.

Dilihat dari jauh pemandangan Pulau Lengkuas sungguh menawan, Jika Di lihat dari depan Hamparan pasir putihnya sungguh menakjubkan, Membentang di muka pulau dan ditengahnya hamparan pepohonan yang terdiri dari pohon ketapang menutupi sebagian pulau ini dan yang paling Berbeda dengan pulau pulau lain adalah Sebuah bangunan menjulang tinggi yang biasa disebut sebagai mercusuar.

Pulau Lengkuas dari jauh
Diatas atalah view dari pulau lengkuas, sebuah pulau yang berada di sebelah tipur Tanjung Kelayang.Yang merupakan Pulau kecil yang paling terkenal sejak jaman penjajahan belanda sejak tahun 1882.
Pulau Lengkuas adalah pulau yang paling gampang di kenali di jajaran pulau pulau kecil di propinsi bangka belitung, kenapa mudah ?.... seperti yang saya utarakan sebelumnya terdapat ciri khas pulau lengkuas yaitu menara mercusuar yang menjulang tinggi yang membuat pesona pulau ini berbeda dengan pulau kecil lainya.

Dan mercusuar ini masih aktif di gunakan hingga saat ini.

Menginjakan kaki pertama kali di pulau ini anda akan terkagum kagun terhadap pulau ini, Bukan karena Menara Mercusuarnya, tetapi dari anugrah tuhan yang sudah memberikan keadaan damai, udara yang bersahabat, dan cuaca yang cerah. untuk dapat menikmati suasana indah di pulau ini.

Saat Saya berkunjung ke pulau ini waktu sudah menunjukan pukul 11.30 dan mentari saat itu bersinar sangat terik sekali. Tapi rasa panas akan hilang setelah kita melihat keelokan yang tersembunyi yang lebih mendalam di pulau ini. 

selain itu dipulau ini banyak berjajar warung warung yang menjajakan  minuman ringan tetapi tidak menjual makanan besar, tapi hanya sekedar saran pulau ini ada baiknya membawa makanan kecil dan snack, di sediakan juga tempat beristirahat di pulau  ini, Mushola, dan tempat mandi juga di sediakan di pulau ini, Tetapi dengan Penguanaan air tawar yang terbatas .
Apa saja yang bisa kita nikmati di pulau ini?... Yuk Yuk kita kelilingi pulau ini.


1. Bermain Di Pasir


Saat perahu motor berlabuh di pulau Lengkuas, destinasi pertama yang kita lihat adalah pasir putih.



Hiburan yang asik di pulau Lengkuas ini adalah bermain di pasir. Karena Pasir putihnya sama seperti di tanjung kelayang, Udaranya pun segar dan jauh dari polusi udara. Walau pun Hamparan pasirnya tidak seluas Seperti Tanjung Kelayang.


2. Ngopi Di Pulau Lengkuas


Sambil Bermain pasir, Duduk di pinggir pantai mendengar desiran ombak di temani secangkir kopi khas belitung sambil serselfi merupakan sensasi yang tiada duanya, apa lagi kopi di tempat ini berasal dari kopi khas manggar dari yang punya julukan 1001 warung kopi yang ada di manggar. Rasa kopi hitam yang pekat dengan ciri khas pemasakanya mengunakan kayu bakar.

3. Berdiri diatas Batu

di pulau ini jika tidak berselfi mencari spot spot indah sangat di sanyangkan, karena banyak latar latar menarik yang menggugah hati untuk berselfi baik rombongan, berdua sama pacar, atau pun sendiri 

Hamparan batu granit di pulau ini tidak kalah menarik seperti di Tanjung kelayang, hamparan batu granit ini terhampar memanjang menjorok kelur seperti tanjung di sisi utara pulau ini

4.  Sisi selatan pulau Yang cocok untuk berenang

Di sisi selatan pulau lengkuas merupakan tempat yang cocok untuk berenang, karena disisi selatan pulau ini merupakan tempat yang jarang di lalu perahu motor, sehingga cocok untuk berenang.


Sisi Selatan
Selain cocok untuk berenang sisi selatan pulau ini juga cocok di jadikan tempat untuk beristirahat mengelar tikar pandan sambil bermalas malasan cocok sekali di tempat ini, karena kerimbunan pepohonan membuat sisi sebelah selatan menjadi sejuk dan sinar matahari terhalang oleh dedaunan pohon yang banyak tumbuh di tempat ini.





Pantai sisi selatan ini bagus untuk berenang, Tetapi hati hati batu batu ganit berukutan kecil dan tidak rata di tempat ini dapat membuat anda terjatuh.


Didasar air masih terlihat pasir putihnya, tetapi jika kita susuri terus ketengah akan terlihat terumbu karang yang beraneka ragam. 


5. Menara Mercusuar

Waktu Sudah menunjukan pukul 12.30 Untuk menyusuri pulau ini berjalan kaki sepertinya akan membutuhkan waktu yang lama karena pulau ini tidak seluas pulau batu berlayar yang sudah saya ceritakan pada edisi sebelumnya, untuk mempersingkat waktu jelajah saya di pulau lengkuas enaknya berkeliling pulau dari mercusuar, Untuk melihat sisi lain dari pulau ini skaligus melihat latar pulau ini dari atas.  

Halaman Depan Mercusuar
Ditemani Opa Warji, mas ish, Om dedi, dan Om Ibob saya menuju keatas mercusuar, mercusuar ini bernama L.I Enthoven Buatan pabrikan Change brother Co. di Birmingham Tertera di dinding luar mercusuar ini. 

Terdiri dari susunan rangka baja, Info dari Penjaga di tempat ini terdiri dari 71 lengkungan blok silinder yang terbuat dari besi baja setebal 5 Cm. Dengan Bangunan Wisma berbentuk Huruf C mengelilingi Mercusuar ini.
 
Lantai Dasar Mercusuar

Untuk dapat memasuki Menara Mercusuar ini kita akan di minta uang sumbangan masuk sebesar 5.000 rupiah embel embel alasan penjaga untuk perawatan mercusuar. Padahal Perawatan mercusuar ini lansung Dari Dinas perhubungan Tanjung Priuk. Terdapat ruang jeruji besi menurut penjaga mersucuar dahulunya bekas penjara para perompak laut yang ada di belitung.

Bagi yang hanya bermain main saja atau iseng iseng naik ke menara ini saya harap tidak usah di teruskan karena percuma buang buang waktu,karena naik kelantai paling atas membutuhkan energi yang tidak sedikit dan sangat menguras fisik, selain kondisi dalam ruangan yang lembab dan anak tangganya yang licin karena cat minyak yang memoles besi di anak tangga


Terdapat 18 Lantai ruangan di menara ini dan setiap sisi lingkaranya terdapat 2 buah jendela yang menghadap selang seling di setiap lantainya ke barat dan selatan kemudian lantai berikutnya menghadap ke timur dan utara. 

Untuk Lantai 1 hingga lantai 10 lingkarang ruangan bangunan menara ini masih lebar dan anak tangganya juga tidak terlalu curam masih landai sekitar 17 anak tangga. 

Lalu Lantai 11 hingga 13 ruangan mulai mengecil dan anak tangga jika di hitung juga bukan 17 lagi berkurang menjadi 16, Jika saya tidak salah itung karena kekelahan di lantai 17 terdapat 13 anak tangga yang bentuknya sudah mulai curam keatas. Dan Paling atas adalah lantai 18 bentuk tangganya juga sudah mengecil hanya dapat di lalui 1 orang dengan 8 anak tangga.

6. Di Atas Mercusuar

Untuk menaiki mercusuar 18 lantai ini saya akui memang harus di niatkan, selain nanjaknya yang curam terutama sejak lantai  16 hingga 18. Dan kondisi ruangan yang sudah milai mengecil. Tetapi jika sudah berada di atas semua rasa letih terbayar dengan keindahan yang sungguh mempesona. 

kita ambil dari 3 sisi, barat, Timur, dan Utara,  Karena yang sebelah selatan sudah saya ceritakan di atas.

Ternyata sungguh indah dan benar benar indah, kita dapat melihat lautan luas beserta jajaran pulau pulaunya yang terlihat kecil. Angin di atas juga sangat kencang Perlu ekstra hati hati untuk melangkah atau pun membawa kamera untuk mengabadikan momen terbaik anda.

seperti yang saya ceritakan jika kita menjelajah mengelilingi pulau lumayan agak melelahkan, tetapi itu bisa kita siasati dengan berkeliling pulau melihat indahnya pulau lengkuas dengan menaiki mercusuar ini berikut beberapa gambar yang sempat saya abadikan.

a. Pantai Sisi Barat

Pantai sisi barat pulau ini di tempati oleh rimbunan pepohonan yang besar seperti sebuah hutan lindung, Dengan pasir pantai yang tidak terlalu banyak, identik dengan pecahan batu batu granit di bibir pantainya. Dan jika air surut terlihat pasir putih mengelilingi bibir pantainya.
 
sisi barat

b. Pantai sisi Utara 

Pantai sebelah utara Merupakan view yang paling eksotik jika di lihat dari atas, terdiri dari pantai yang berbentuk cekungan dengan pasir putihnya  dan berair jernih.

sisi utara



Selain pantai yang berbentuk cekungan di sisi sebelah utara juga terdapat hamparan batu granit yang besar besar seperti membentuk pulau pulau kecil. Dan di dasar laut nya terdapat terumbu karang yang begitu indah.

sisi utara

c. Pantai Sisi Timur 

Sisi timur pulau lengkuas identik dengan Hamparan pasir putih yang membentang dari sebelah timur keutara hingga timur ke selatan. Dengan Jajaran Poho kelapa yang melambai lambai tertiup Angin

pantai sisi timur ini digunakan sebagai penepian perahu motor untuk mengantar dan jemput wisatawan. Dan dari atas terlihat bejajar perahu motor yang terparkit di tengah laut. Jika ingin menjemput perahu motor tersebut akan menghampiri wisatawan ke pantai timur pulau lengkuas.

Itu tadi sekelumit keindahan jika kita lihat dari atas mercusuar, dari ke emapt sisi, masih banyak keindahan lain saat kita lihat dari atas yang tidak saya tuliskan di sini.


7.  Snorkling

Snorkling atau biasa berenang sambil menyelam di permukaan air merupakan sesuatu yang harus di coba saat berkunjung kepulau ini. Perairan yang dangkal serta terumbu karangnya yang dapat di lihat dengan mata telanjang.



Air laut di Pulau lengkuas cenderung tenang, serta kedalamam terumbu karang skitar 2 hingga 3 meter, bahkan ada yang 1,5 meter kita sudah dapat di injak oleh kaki, Informasi dari mas Eko pemandu saya di belitung bulan maret hingga agustus adalah bulan yang cocok saat berkunjung ke pulau lengkuas. 


Sayang sekali opa warji lupa membawa camera underwater, dan saat ingin menyewa kamera uderwater pemilik perahu sudah kehabisan karena banyak menyewa juga kebetulan saat kami ketempat ini memang sedang liburan longweekend dan hari kejepit jadi wisatawan membludak sehingga tidak sempet saya abadikan terumbu karang nya. 


seru bukan!... tamasya ke pulau lengkuas, tidak Usah Jauh jauh pergi keluar negeri hanya untuk piknik, Indonesia kaya akan wisata alamnya sayang bila kita tak menikmatinya sebagai penduduk asli indonesia

Salam Indonesia.....