Kamis, 23 Februari 2017

Karawang Punya Candi

Masih di seputar karawang, selain menjadi kota pangkal perjuangan, ternyata karawang memiliki situs sejarah yang paling tertua di indonesia, dengan peninggalanya yang di temukan di Desa batu Jaya benentuk bangunan menyerupai sebuah candi yang yang diyakini sebagai candi tertua di pulau jawa , dan beberapa situs yang tersebar di tempat ini, di yakini di sekitar desa batu jaya masih tersebar banyak situs peninggalan.

Ya percaya tidak percaya namun setelah saya membaca beberapa artikel di web ternyata banyak sekali yang menciritakan bahwa candi jiwa ini merupakan candi tertua di Jawa.

Candi ini terletak di dataran rendah dan landai, ditengah tengah hamparan sawah. menurut kang walim yang sering di ceritakan oleh leluhurnya orang dari renggas dengklok dulunya candi ini bebentuk tidak menyerupai sebuah candi tetapi berbentuk gundukan tanah seperti bukit. ternyata setelah di gali berbentuk sebuah bangunan mirip seperti sebuah bangunan dan di yakini sebagai sebuah candi.

Situs candi jiwa ini merupakan cagar budaya yang harus di lestarikan keberadaanya. Uniknya Candi jiwa tidak terbuat dari batu andesid, tetapi terbuat dari tumpukan bata merah padat




Candi Berbentuk bujur sangkar ini  sekilas tidak membentuk sebuah candi pada umumnya di pulau jawa, bentuk nya monoton hanya satu bentuk saja, di sekitar kawasan ini juga masih di lingkari area penemuan penemuan situs yang masih belum di pugar. Tidak jauh dari lokasi ini juga terdapat sebuah candi lagi yang bernama Candi blandongan yang bentuknya berbeda dengan Candi jiwa candi blandongan bentuknya menyerupai candi candi di jawa. Kekurangan dari Objek kedua  candi ini belum di lengkapi dengan informasi sejarah candi, sehingga ceritanya masih menurut versi orang tua atau lelulur di tempat itu dan masih di yakini warisan kerajaan taruma negara. Selain itu pepohonan di tempat ini sangat jarang sekali sehingga bila cuaca matahari bersinar terik bisa membakar kulit dan tidak dapat berlama lama di tempat ini. Dan untuk berkunjung di tempat anda dapat menikmati secara gratis alias tidak berbayar.

Salam Indonesia