Rabu, 11 Januari 2017

Pantai Legenda Tirtamaya Indramayu

Mengenal nama Indramayu teringat akan buah yang bernama mangga yang rasanya cengir dan manis yang diberinama mangga indramayu.namun bukan mangga Indramayu yang ingin saya ceritakan di sini, Tapi Sebuat Daerah di jawa barat akan objek wisatanya yang juga terkenal dengan icon mangganya

Dan ternyata daerah ini tidak seterkenal mangganya yang sebagian besar daerahnya merupakan persawahan yang disebelah utaranya bersebelahan dengan laut jawa,  jika di lihat dari letak geografisnya Indramayu sangat identik dengan laut Jawa disebelah utara, Orang  sering menyebutnya jalur pantura saat tol cipali belum beroperasi daerah ini menjadi tempat langganan macet oleh para pemudik yang ingin pulang kampung ke jawa tengah dan jawa timur hingga bali NTT juga NTB melalui jalur pantai utara pasti melewati Kabupaten Indramayu.

Disebelah tenggara bersebelahan dengan kabupaten Cirebon yang terkenal dengan sebuatan kota udang, sedangkan batas sebelah selatan bersebelahan dengan 2 kabupaten yaitu kabupaten sumedang yang terkenal dengan Tahu sumedangnya dan kabupaten Majalengka Yeng terkenal dengan petilasan prabu siliwangi, serta sebelah barat berbatasan dengan Subang yang terkenal dengan nanas Madunya

Indramayu sendiri identik dengan Laut dan sawah, walau pun sebagian besar mata pencarian penduduk indramayu adalah Petani. Keanehan dari indramayu terletak dari bahasa yang di gunakannya walaupun disini termasuk jawabarat tapi indramayu bahasa daerahnya bukan mengunakan bahasa sunda tetapi mengunakan bahasa jawa yang petikan dialeknya agak aneh hampir serupa dengan bahasa cirebonan. Nagasari merupakan kue pisang yang di bungkus daun pisang merupakan cirikhas makanan indramayu.

Selain Buah mangganya Indramayu, dikenal sebagai tempat ke 6 pengolahan kilang - kilang minyak modern milik PT Pertamina yang sudah beroperasi sejak 1994 dengan pengolahan produksi minyak mentah dengan produksinya yang didistribusikan ke beberapa daerah di jawabarat dan banten seperti Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, Kerosene (Minyak Tanah), LPG, Propylene yang berada di balongan masuk kecamatan balongan,mungkin itu yang saya tahu tentang indramayu. sisanya bisa ditambahkan sendiri.



Indramayu Juga terkenal dengan Jajaran Pantai salah satunya sebuah pantai legenda bernama tirtamaya pantai fenomenal sangat terkenal sebelum terjandinya abrasi sekitar tahun 90 an. seperti apakah pantai tirtamaya ini?... 


Kali ini saya bersama istri dan bintang menyempatkan diri untuk mengisi liburan berkunjung ke pantai tirtamaya pantai yang penuh legenda ini. karena penasaran seperti yang di katakan orang orang. Akhirnya saya bersama istri menuju pantai ini, Kebetulan perjalanan dari Bekasi menempuh waktu 3 jam melewati Bekasi - Karawang - Subang - Pamanukan - Indramayu - JatiBarang - Pantai Tirtamaya


lokasi pantai ini berada di jalan indramayu - cirebon berdekatan dengan pantai glayem, karena berada di dataran rendah otomatis pantai nya juga landai dan debur ombaknya masih tergolong kecil, untuk menahan deburan ombak dan menghalau dari abrasi air laut nampaknya pemerintah setempat di indramayu menempatkan break water penahan ombak di sekeliling melingkar di sekitar bibir pantai untuk mencegah abrasi.


pantai berpasir hitam kecoklatan ini merupakan cirikhas pantai pantai di indramayu dimana memiliki pesona tersendiri, nampak di sepanjang pantai di lingkari break water agar ombak yang masuk kepantai dapat terpecah.



keunikan pantai ini di banding pantai lain yang ada di indramayu memiliki jembatan yang dapat di jadikan dermaga untuk perahu dari pemkab indramayu saya lupa menayakan ke petugas rute kapal ini mungkin bisa ke pulau biayawak karena ada beberapa kapal milik disparbud kabupaten indramayu yang bersandar di sini. 

Otomatis jembatan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Apalagi yang hobi fotografi apa lagi di nikmati kala fajar akan tiba dan kala senja akan menjelang.

Kita dapat berduduk santai di sepanjang pantai sambil menikmati deburan ombak dan angin laut. Atau sekedar duduk duduk santai di bawah payung yang telah di sediakan sambil minum kopi atau kelapa muda.

Lebar jembatan ini kurang lebih 3 meter dengan tiang penyangga dikanan kirinya agar orang yang melewati tidak tercebur lansung ke laut, Yang menarik Di ujung Jembatan terdapat sebuah yang agak naik keatas dari jembatan berbentuk bujur sangkar, panggung yang dapat di gunakan untuk melihat lansung ke laut lepas.


Dari atas panggung tersebut kita dapat melihat jelas laut jawa yang begitu luas dengan hiasan kapal kapal yang terlihat kecil. Kilang Pertamina balongan juga tampak jelas terlihat dari tempat ini, begitu juga pantai balongan dan pantai glayem terlihat jelas dari tempat ini

Bagi yang menggunakan rok pendek jangan coba coba berada di sini, karena angin darat ditempat ini sangat kencang sekali, yang ada tidak bisa menikmati pesona laut dan alam sekitar malah sibuk memeganging rok untuk menutupi paha karena rok yang ber ayun ayun tertiup angin.



Pemandangan sekilas jika kita berada di atas tempat ini seperti berada di tengah laut, Laut yang semakin kita pandang jauh menatap semakin berwarna  biru tua seperti tak ber ujung
Berselfie ria di tempat ini seperti berada di atas kapal pesiar, anginnya yang kencang dan laut yang luat berayun ayun membentuk gelombang seakan akan akan membawa kita bermimpi naik kapal pesiar, ditambah lagi desiran ombak yang bergulung bergantian membuat panorama menjadi eksotik

Karena begitu eksotiknya tempat ini banyak pengunjung yang berdatangan ketempat ini, Di tempat ini pula sering di jadikan tempat kencan, dan berkenalan oleh para muda mudi setempat, terutama saat menjelang senja hingga malam hari, tak percaya?.. 

datang dan kunjungilah tempat romantis di indramayu ini, bagai mana tidak suasana menjelang senja apalagi menjelang matahari terbit dipagi hari tempat ini begitu romantis di tambah lagi di temani pujaan hati melihat laut luas dan ngukir mimpi mimpi indah kesebrang lautan dengan pujaan hati.

Bahkan dari tempat ini kita dapat melihat jelas matahari terbit dari atas laut, Tapi sayang sekali dan mungkin bukan rejeki saya saat saya berkunjung ke tempat ini tidak dapat mengabadikan momen matahari terbit karena kondisi pantai sedang di guyur hujan dan di selimuti awan kelam.

walau pun tidak dapat menikmati sang fajar, Tapi saya masih beruntung dapat melihat matahari terbenam dari panggung jembatan pantai tirtamaya, wajar saja tempat ini di jadikan pantai paling oke di Indramayu. 


Disediakan juga muhola yang lumayan luas dan bersih, sarana tempat mandi yang nyaman dan bersih juga di sedikan Banyak Gajebo  di tempat ini, Di gazebo ini kita dapat berkumpul bersama keluarga untuk menikmati indahnya panorama di temani es kelapa muda yang di jajakan di kantin pantai ini. Sambil menunggu berkumandangnya azan magrib.


Saat malam mulai tiba, jangan terburu buru untuk meninggalkan pantai tirtamaya luangkan waktu sejenak untuk menikmati malam indah di pantai tirtamaya, dan jangan khawatir takut kelaparan perut keroncongan, anda dapat memesan aneka makanan laut di kios kios yang terdapat di sini.  

Sambil melihat laut  luas kala malam mulai tiba. Ditemani udang goreng mentega dan cumi asam manis, nasi liwet hangat dan ikan bakar beserta air kelapa muda. Menikmati indahnya malam di pantai tirtamaya


Mungkin itu sekelumit cerita saya buat referensi liburan di pantai Tirtamaya, masih banyak pantai lain yang tidak kalah menariknya dan itu masih di Indramayu

Sebenarnya masih banyak cerita-cerita seru yang tak mungkin di ceritakan di sini, ajak keluarga, kerabat, sabahat, tetangga dan pacar berkunjung ketempat ini, nikmati keindahan alamnya dan jangan merusak fasilitas yang ada. Sempatkan lah berkunjung ke pantai legenda Tirtamaya ini apa lagi saat anda melewati pantura saat di indramayu, Selamat berkunjung ke Indramayu

Salam indonesia.