Selasa, 06 September 2016

tebing breksi sebuah kreatifitas Industri Wisata

Setelah Larangan pemda DIY  muncul tentang penambangan batu oleh warga lokal, dimana tebing ini merupakan batuan kapur breksi dari endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran yang harus di letarikan keberadaanya, dan termasuk wisata Geoheritage Candi Ijo menurut mas anto penjual minuman yang dulunya pernah menambang di tempat ini. yang  baru diresmikan 30 mei 2015


saat saya menyinggahi tempat ini ternyata agak lumayan penuh oleh pengunjung kebetulan pada hari sabtu pukul 17.30 hari munlai menjelang senja, dan sang mentari pun mulai menempati ke peraduanya untuk beristirahat. sekilas tempat ini mirip seperti
brown canyon di Semarang.

wisata tempat ini sungguh istimewa tebing ini berisi batu yang di sebu batu breksi sejenis Batuan Sedimen Klasti. atau batuan yang memiliki rongga antar partikelnya, biasanya berasal dari gunung berapi. berwarna coklat atau putih, mirip seperti warna tebing ini.
 
Dulunya tempat ini merupakan sebuah bukit setinggi 20 meter sebagai tempat pemanbangan batu alam breksi yang di tambang oleh penduduk lokal setempat.

namun setelah ada larangan oleh pemda DIY karena di tempat ini terdapat kandungan kapur breksi dari endapan abu vulkanik gunung purba penambangan pun di hentikan. dan di jadikan salah satu wisata Geoheritage kawasan candi Ijo

akses jalan menuju tempat ini juga lumayan tidak bagus, dan jalan menuju lokasi ini agak terlalu menanjak. masih satu jalan menuju candi Ijo.

tebing ini terdiri dari 3 tebing terpisah untuk menaiki tebing ini, telah di buat beberapa anak tangga, untuk mencapainya keatas.
nampaknya di sekeliling tebing ini akan di buat relief oleh tangan tanngan kreatif, kedepanya seluruh dinding tebing akan di buat relief, tebing berceritakan babat mahabarata.

yang sedang di buat konsepnya oleh beberapa pemahat yang ada di tempat ini. Untuk menambah ke eksotisan tempat ini.

fasilitas seperti rumah makan, toilet dan Mushola sudah di sediakan di tempat ini.

Untuk masuk ketempat ini di bebenkan biaya sukarela saja bagi para pengunjung yang datang ketempat ini.