Senin, 29 Agustus 2016

Pantai Baron Pesona aliran air Tawar dan Sungai bawah tanah

Pantai Yang berbentuk huruf U ini merupakan pantai yang saya bilang sangat unik, Terdapat 2 rasa air di tempat ini air asin dan air tawar kok bisa ya?....selai itu ada sungainya juga yang airnya menembus batu dan mengalir ke laut, dan satu satunya pantai di jajaran pantai di wonosari yang memiliki mercusuar.


Pantai ini bernama "Baron" sebuah nama yang aneh dari deretan nama nama pantai di jawa, terdapat di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul  dengan pasir pantainya berwarna coklat kehitaman. Dapat menikmati pantai ini seharga 10.000

jika dilihat dari atas tebing sebelah utara inilah pemandangan pantai baron yang berbentuk huruf U mirip sebuah teluk yang menjorok kedalam dan di pingirnya di kelilingi tebing tebing bukit, dan di sebelah timur terdapat mercusuar setinggi 40 meter, yang dapat kunjungi dengan meliwati dan  naiki  tangga kecil dari kayu untuk nainya dikenakan biaya seharga 2.000 sedangkan untuk masuk ke mercusuar ada biaya 5.000 dan bisa melihat laut selatan dan luasnya samudra hindia serta pemandangan gunung gunung di wonosari.

seperti yang saya ceritakan diatas ternyata pantai ini memiliki dua rasa air, yaitu air tawar dan asin. Kenapa bisa berasa Tawar?.. 
karena di pantai ini juga terdapat sungai pendek dengan air tawar yang mengalir ke laut.

pada hal di daerah ini tidak ada sungai. berikut ini saya abadikan gambar sungainya, sekarang timbul pertanyaaan kenapa bisa ada sungai ya? lalu dari mana sumber air sungai tersebut?...



sumber air sungai pantai baron berasal dari mata air yang berada di tanah dan keluar melewati rongga rongga bebatuan, dari gunung sewu ailiran airnya sangat banyak dan deras, seperti yang saya tunjukan di foto
dengan hati penasaran dan sangat penasaran saya kebetulan  menyusuri lorong bawah tanah menngikuti jalan sepakan dan rongga rongga batu meliaht seorang bapak palan yang habis memasuki lorong bawah tanah aliran air, menurut papan petunjuk yang saya baca merupakan sesaran batu yang bergeser akibat aktifitas tekltonik gunung api. dan menyembur air keluar dari rongga rongga bebatuan sehingga membentuk aliran air.

lalu aliran air tersembur keluar membentuk sungai air tawar di pinggir pantai dan mangalir kelaut.
menjadi pemandangan yang begitu unik dan indah akibat bentukan alam yang sangat luar biasa. Serta aliran sungai ini di gunakan untuk berenang dan perahu nelayan untuk melintas ke laut.




Tempat ini juga di jadikan sebagai tempat pelelangan ikan walau pun tidak besar jangan salah nelayan di sini juga Pantai Baron menggunakan jaring dan krendet dengan kapal untuk menangkap lobters yang tangkapanya lumayan banyak, selain itu di gunakan sebagai tempat penjual makanan laut seperti udang dan ikan.