Kamis, 10 September 2015

Fiat money

Center for islamic studies in finance, economic and development ( CISFED) Challenges Impinging Shariah Economic " Fiat Money" sebuah tema yang di sajikan dalam acara Seminar Kajian tematik Oleh Forum Akademisi indonesia. Yang pada kaliini kajian di bawakan oleh Prof DR Jamal Othman dari profesor dari Universiti Kebangsaan Malaysia.


Pada konsep kajian ini konsep fiat money yang di gagaskan oleh Prof Jamal merupakan pemaparan dasar ekonomi syariah dengan fiat money. fiat money itu sendiri adalah selembar kertas, yang memiliki nilai nominal yang digunakan sebuah negara untuk alat pertukaran. Nilai dari sebuah uang fiat didasarkan pada kepercayaan terhadap nilai yang tertera pada uang tersebut berdasarkan keputusan dari negara yang mengeluarkan uang kertas tersebut. uang ini tidak memiliki nilai intrinsik dan digunakan sebagai alat pembayaran. dalam hal ini Nilai nominalnya tetap tapi tiap tahun nilainya menurun bisa di sebab kan karena inflasi atau faktor faktor lain.

Peran ekonomi syariah untuk membendung nilai tukar rupiah terhadap dolar, di perlukan beberapa cara dan konsep, konsep inilah yang di jadikan landasan dari pemaparan Prof Jamal,   dan Peran ekonomi syariah mengatasi hal tersebut di jabarkan dengan pada kegiatan Kajian ini..