Senin, 29 Juni 2015

Melihat arsitektur masjid tertua di hamparan pohon kurma

Melihat arsitektur masjid tertua di hamparan pohon kurma

Masjid quba menurut cerita para ulama-ulama, ustad-ustad baik yang mengisi pengajian pengajian atau pembimbing kunjungan jiarah ibadah umroh pasti dan akan selalu menceritakan kisah dan sejarah masjid quba, yang konon kabarnya merupakan salah satu dari mesjid tertua di dunia, oleh sebab itu, jamaah yg berkunjung tidak kalah penuhnya seperti masjidil haram dan masjid nabawi walaupum  mesjid ini tidak seluas dan selebar masjid nabawi dan masjidil haram, oleh sebab tersebut pengunjung yang datang tersebut tidak harus berlana lama di masjid ini, banyak umat islam dari seluruh penjuru dunia berkunjung ke masjid ini, selain itu, untuk memetik pahala umroh. Kok bisa ya pahala umroh di petik? Adakah dasarnya?....

Seperti yg diceritakan diawal, awalnya saya juga tidak tahu, tapi akhirnya saya menjadi tahu, berikut adalah pemaparan yg saya sadur dari cetita ustad dadang yg saya petik, rangkum dan sadur dalam web ini.


Gambar diatas adalah foto, masjid Quba yang saya ambil pada 24 Mei 2015 pukul 09.20 Waktu Madinah. dari Perempatan jalan utama menuju masjid ini, didepannya terdapat sebuah kolam dengan air mancur dan di sekeliling masjid tertanam pohon pohon kurma dengan buah mudanya berwarna hijau.

Masjid ini dibangun pada awal peradaban islam, ketika nabi hijrah ke Yatstrib sebuah kota kecil yang konon kabarnya tempat ini banyak ditumbuhi pohon kurma, yang  kemudian daerah ini berubah nama menjadi Madinatun Nabiy, kemudian nabi membangun sebuah masjid yang menjadi cikal bakal masjid-masjid di arab, masjid quba merupakan masjid yang pertama kali dibangun terletak di perkampungan quba, yang dahulunya berada di tengah kebun kurma. Jika diperhatikan secara detail dari masjid ini, bangunan masjid ini tidak begitu berbeda dengan masjid ,asjid lain di arab, masjid ini merupakan cikal bakal beberapa dasain masjid masjid berikutnya yg dibangun rasullullah.


Desain arsitektur masjid Quba, Sangat Unik dan Khas, Kemungkinan menjadi pelopor masjid masjid di arab, mulai dari bentuk kubah yang setengah bulat yg berbeda dengan kubah kubah masjid di jawa, pada saat ini yg beerbentuk tumpang, selain itu mihrab masjid yg beberbentuk melengkung cekungan yg terdapat ruang kecil didalamnya, tiang-tiang penyangga yang berbentuk bulat memanjang dan lekuk-lekuk tembok bangunan masjid. Serta ruang kosong tanpa atap.

Jika dilihat dari arsitekturnya terdapat sahn yaitu ruang terbuka didalammasjid, Terdapat 6 buah kubah dimasjid ini, terdiri dari 5 kubah kecil dan 1 buah kubah besar, kubah besar berada ditengah, terdapat kaca patri lengkung  mengelilingi setiap kubah,  yg di gunakan sebagai pengaturan cahaya dari sinar matahari, sedangkang setiap  lingkaran kubah dituliskan tulisan kali grafi arab, dan 40 kubah kubah kecil,.

Jika dilihat dari dalam lengkungan kubah di topan dengan tiang 4 tiang dibawahnya, semua tiang berbentuk kotak persegi panjang berbeda dengan masjid nabawi yang melingkar, setiap kubah tergantung sebuah pengantung dan diatasnya berbentuk bulan sabit, dibawahnya lampu kristal 2 lingkar dan 3 lingkar yang besar diletakan di kubah yang paling terbesar dan 1 lingkar pada sisi belakang masjid, sedangkan di bagian depan sisi kanan dan kiri terdapat sebuat ukiran yang terbuat dari kayu jati, yang di gunakan untuk rak menyimpan alquran.

Sedangkan menara masjid quba sebanyak 4 buah tinggi menara 15 m, setiap sambungan tiang terdapat tulisan arab berbentuk bulat. Masjid quba Memiliki 19 pintu, dimana terdapat tiga pintu utama dan memiliki 16 pintu pendukung. terdapat 3 buah daun pintu yang besar yang digunakan sebagai pintu utama dan digunakan menjadi tempat masuk jamaah ke dalam masjid. dimana Dua pintu digunakan untuk masuk para jamaah laki-laki sedangkan satu pintu lainnya sebagai pintu masuk jamaah perempuan. Warna putih adalah warna yang paling dominan di masjid ini.

Masjid Quba dibangun berdasarkan surat At-Taubah ayat 108, “Sesungguhnya masjid itu yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut bagimu (Hai Muhammad) bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya terdapat orang-orang yang ingin membersihkan diri…..”.

Benarkah kita bisa memetik pahala umroh di masjid ini?... menurut ustad Dadang  dalam tausiahnya "Barang siapa bersuci ( Berwudu ) Di rumah lalu datang ke masjid Quba dan sholat 2 rakaat didalamnya,maka baginya pahala seperti pahala umrah. (HR ahmad dan Nasa’i).


dan yang terakhir, Bagian belakang masjid ini terdapat bangunan 2 lantai dengan sisi lantai atas dan lantai bawah ruangan ini mirip seperti angan belajar dan mengajar.

Berbahagialah yang sudah berkunjung kemasjid ini, dan mendirikan sholat 2 rokaat didalamnya, bagi yang belum berkunjung sempatkanlah dan niatkanlah untuk berjiarah mengunjungi masjid bersejarah ini, yaitu masjid quba, masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW.

Destinasi berikutnya setelah masjid Quba Adalah Kebun Kurma, Menurut pemaparan dari Ustad Dadang cerita masjid Quba ini berada di hamparan kebun kurma, ternyata memang benar sih saat saya berkunjung kesini supir bus langsung membawa kami menuju hamparan kebun kurma dan pusat penjualan kurma, bukan saja kami tetapi rombongan dari travel yang lain pun banyak yang berkunjung kesini.

Setelah Mengunjungi Masjid quba ada baiknya anda juga mengunjungi Kebun kurma yang letaknya tidak jauh dari masjid tersebut, dan berbelanja untuk membeli qurma azwa. Kurma kesukaan Nabi.


Kebetulan saat saya berkunjung Ke kebun kurma Albarokah, dimana  Buah kurma masih Hijau , menurut penjual di sana Pohon kurma kurma iu akan panen pada Bulan Ramadhan. Jika Gambar Pohon kurma di zoom maka akan terlihat buah kurma yang masih hijau hijau.

Bagi anda yang tidak memiliki alat tukar berupa uang Real, anda dapat menukarnya disini bahkan dapat membeli dengan Rupiah. Anda Dapat menikmati buah kurma dari yang masih hijau, kurma basah hingga kurma kering di sini. Atau berbagai macam Olahan coklat yang berasal dari Kurma.