Jumat, 22 Mei 2015

Rancabuaya pantai sunyi diselatan garut

Pantai yang satu ini merupakan pantai yang belum terkenal di daerah garut, pantai yang bernama rancabuaya, sekilas namanya aneh seperti pantai buaya, namun jangan kaget dulu, rancabuaya tidak seseram namanya, justru buaya tidak ada di pantai ini,

Lokasi ini ini memiliki keunikan sama seperti pantai santolo di garut, dimana beberapa tempat yaiu sisi kiri dan kanan nya terdapat  batu karang yang terhampar di pinggir pantai, senangkan di sisi tengahnya pasir halus dan kasar berwarna putih yang menghisai sekitai pantai yang landai ini, pantai ini berhadapan lansung dengan samudra hindia. Disepanjang pantai bersandar kapal kapal nelayal yang mnghiasi tempat ini.


Namun pengolahan pariwisata terhadap pantai ini masih kurang terlihat berbagai sarana yang kurang memadai, dan saat ini pengelolaan pantai ini berada di Kompepar (Kelompok penggerak pariwisata) yang anggotanya terdiri dari masyarakat setempat. Harga tiket masuk sebesar 5000 rupiah.

Bila kita telusuri mengikuti garis pantai yang ada, pantai ini terbilang luas dan panjang tetapi hanya saja pengolahan tempatnya belum teratur nya, jika di amati pantai ini terdiri dri pantai pasir putih dan pantai palung yang lansung berhadapan dengan laut.



pantai yang langsung berhadapan dengan palung laut ini dapat kita nikmati lansung di pantai ini dengan murah meriah, pantai datar dengan pasir putih juga dapat kita nikmati juga disini.Atau untuk sekedar makan hasil laut dari tempat peelangan ikan juga dapat anda nikmati disini.




foto diatas merupakan salah satu objek di pantai ranca buaya sangat indah bukan!!!!!......., hamparan perpaduan antara pasir putih dan bebatuan serta daratan yang ditutupi air menjadi kan tempat ini seperti potongan surga yang terselip di bumi.batuan yang ada di pantai ini pun terbilang unik, bila kita pecah dalam nya seperti bebatuan yang memiliki lima warna.


jika kita bergeser sedikit dari gambar diatas terliat tebing tebing jurang  karang yang menjorok langsung ke laut, menurut cerita penduduk sekitar diatas tebing jurang ini terdapat goa, yang di huni oleh ribuat kelawar, yang menjadi pesona dari pantai ini,namun untuk menuju goa ini sangat sulituntuk dilalui, bergeser keatas dari goa menyusuri jalan setapak jalur evakuasi terdapat ruang yang cukup indah untuk di jadi kan objek untuk berfoto


 Keindaahn pesona tumbutumbuhan seperti pohon ketapan yang tertaman di lokasi ini sangat mendominasi tempat ini dan cocok dijadikan tempat bersandar untuk tidur siang ditemani angin pantai yang mendesah, pohon kelapa yang tumbuh di sekirat pantai juga menjadi ciri khas pantai ini.


pantai yang berada di garut selatan ini masih terbilang sepi oleh para pengunjung, tidak seramai pantai pangan daran atau pantai santolo, tempatnya yang sepi ini cocok untuk sepasang kekasih yang memadu kasih, atau sekelompok orang yang ingin menyendiri dari kebisingan kota sambil menikmati deburan ombak , dan hembusan aing laut..



ditempat ini terdapat perkampungan nelayan yang setiap harinya terjadi penjualan dan pelelangan ikan, tempat ini juga terdapat sebuah pasar kesil dan tempat pelelangan ikan untuk membeli hasil laut dari tangkapan para nelayan rancabuaya, Selain itu sajian masakan laut juga dapat anda nikmati disini bersama teman, keluarga atau kerabat, pondokan, saung dan tempat penghinaman juga tersebar di sini, walaupun tidak sebanyak seperti pabtai pangandaran.

Bagi yang suka kedamaian berkunjunglah kepantai ini untuk berekreasi, menikmati alam yang asri dengan es kelapa muda dan menikmati ikan bakar yang lezat.

Salam Indonesia