Senin, 02 Februari 2015

Tips Enterpreneur dari Heru Nugroho

Dawntown Walk Summarecon 28 Januari 2017 Heru Nugroho SE. MBA merupakan Motivator, Coach training dan Pengusaha Nasional.dalam tajuk bincang bincang bincang wirausaha di Summarecon mal bekasi, beliau sangat miris sekali dari Dengan luas wilayah 210,49 km2 yang didiami oleh 2,5 juta jiwa penduduk kota bekasi hanya beberapa 2 persen yang menjadi enterprener dan sebagiannya karyawan dan para pencari kerja


Berikut Beberapa pendapat menurut mas heru kenapa beberapa orang tidak menjadi wirausaha. 
  1. Takut Rugi. fenomena ini sering sekali terbesit dan menjadi jamur, terutama kepada orang orang yang belum yakin terhadap usahanya, sebagian besar sudah memiliki konsep tetapi masih belum yakin terhadap modal yang di milikinya. 
  2. Takut Tidak Laku. karena melihat saingan yang begitu banyak beberapa orang melihat hal ini akan meyusahkan, 
  3. Tidak Berani. hal ini masalah terbesar yang harus di hindari.

Lalu bagai mana usaha yang dilakukan agar sukses menjalin Usaha.
Sebelumnya kita harus melihat kemampuan diri kita, setiap orang memiliki kemampuan untuk berfikir, dan setiap orang juga memiliki kepala dimana setiap kepala pasti memiliki otak. Otak manusia terdiri dari otak kanan dan otak kiri, namun sebagain orang masih banyak menggunakan otak kirinya dari pada otak kananya, otak kiri cenderung untuk melakukan kegiatan secara bertahan dan penuh pemikiran serta konsep konsep yang jelas, tetapi otak kanan cenderung mencari tidak mengikuti konsep, spontan dan diluar konsep.

Pengembangan otak kanan terutama bagi seorang enterprenuer sangat di butuhkan hal ini lah yang belum di sadari oleh beberapa orang, terutama bagi orang yang ingin membuka usaha tetapi masih takut dan belum berani.

selain mengembangkan otak kanan, ada beberapa tips yang mungkin berguna untuk para calon enterpreneur muda.
  1. Rubah Mindset,rubah pola fikir untuk lebih maju.
  2. Berani
  3. Komunitas, masuk kesalah suatu komunitas enterpreneur

namun ketika anda sudah menjalani sebuah usaha hal hal yang harus di tinggakatan bagi seorang enterpreneur menurut mas heru adalah:
  1.  Bersungguh sungguh. karena dengan sungguh sungguh segala upaya dan cara mengatasinya selalu terbuka lebar.tidak ada sesuatu yang tidak mungkin di dunia ini.
  2. Cari Tempat strategis. Modal utama agar lokasi tempat kita usaha mudah di ketahui oleh konsumen.
  3. Lihat Kebutuhan pasar. strategi utama untuk menyingkapi susuatu yang akan terjadi nanti. Agar bisnis yang kita lalukan sesuai dengan tujuan.
  4. Daya Beli. yang merupakan faktor utama dalam kelanjutan bisnis, semakin besar daya beli terhadap suatu produk maka semakin besar pula keuntungan yang didapat.
  5. Tempat usaha sejenis. sebagai momentum awal bahwa selain kita yang akan mendirikan usaha di sana pastikan ada pula orang lain yang membuat usaha sejenis nisana. Misal usaha kuliner, dengan kata lain disana sudah ada 1 atau 2 orang yang membuka usaha kuliner disana, dan lihat seberapa ramai pengunjung datang ke warung tersebut. Perlu di catat jangan sampai usaha yang kita buka menjadi pesaing usaha tersebut sama persis dngan usaha yang akan kita bangun.
  6. Yang belum ada. Bila di tempat tersebut sudah ada usaha kuliner cari usaha kuliner apa yang belum ada di sana.
  7. Harus naik kelas. setiap kegiatan harus punya jenjang yang jelas. ketika anda sudah menekuni usaha tersebut terulah berkembang dan jangan mentok di satu usaha tersebut, segeralah naik kelas untuk menngepakan sayap agar bisa terbang lebih tinggi.
  8. Bisnis dengan orang lain, cara ini merupakan cara yang lumayan ampuh untuk mengembangkan bisnis, dengan membeli franchise bisnis orang tersebut atau berbisnis dengan orang lain untuk mengmbil nilai positif, sekaligus belajar dari bisnis franchise orang tersebut
  9. Buka Merk Sendiri.
  10. Di franchisekan

Mungkin itu yang bisa saya paparkan semoga bisa mendi referensi kita semua.... salam enterpreneur