Selasa, 25 November 2014

Ikan Sembilang Yang Sulit Untuk Didapat lagi di jakarta

Mau cari dimana lagi?....mungkin itu pertaanyaan yang cocok buat yang seneng mancing ikan sembilang. Ikan yang mirip ikan lele ini jarang ada yang membudidayakan, padahal dari segi rasa ikan ini lebih gurih dari ikan lele, apalagi jika dipepes dan di bungkus dengan daun pisang lalu dibakar, rasanya sangat mengejutkan luar biasa enak banget jika dioleh oleh orang yang pandai memasak.

klo didaerah jakarta sudah sulit untuk macing ikan ini, bahkan teman saya syahroni namanya sering mancing ikan ini didaerah karawang karena di marunda dan muara gembong udah sulit mencari ikan ini, setiap bulan pasbulan pasti ngajak mancing, tapi teman saya itu klo mancing selalu memaksa karena ga enak sama temen akhirnya ikut juga mancing walaupun jauh.  Fikir fikir Buat mengisi liburan hari minggu saja .

Bahkan menurut tetangga saya pak iriadi yang doyan ikan untuk membeli ikan ini  butuh waktu yang lama dan itu juga harus pesen dulu ke tukang ikan nunggu 2 atau 5 hari, karena tidak semua tukang ikan menjual ikan ini bahkan di tempat pelelangan ikan muara angke pluit pun dari puluhan orang penjual ikan hanya satu atau dua orang tukang ikan saja yang menjual ikan ini dan menjual ikan ini juga tidak setiap hari tergantung dari hasil tangkapan dan kulakannya.

Selain sangat sulit dan banyak diburu mencari ikan ini, ikan sembilang ini juga banyak kegunaanya,  katanya orang orang bagi yang sulit memiliki keturunan dan ingin sekali memiliki anak, memakan ikan sembilang ini sangat disarankan, karena kandungan hormon yang terkandung di ikan ini sangat besar dan konon "belinya pun tidak boleh di tawar jika ingin memiliki keturunan" walau pun sang penjual memberikan dengan harga malah dan sang pembeli tidak boleh menawarnya, tanya kenapa?.... kok tidak boleh di tawar!!! entahlah itu kata dukun-dukun beranak dan tukang tukan urut bayi di tempat saya tingggal. aTau untuk wanita yang haid datang bulanya merasakan sakit atau nyeri ikan ini juga dapat menyembuhkan rasa nyeri teserbut dengan membakarnya hingga gosong kering krenyes-krenyes lalu digerus sampai halus seperti kopi dan di minum airnya rasanya pun pahit dan amis.

tapi perlu di ingat dan di camkan baik baik, harus ekstra hati hati jika mata kail terpancing oleh ikan sembilang, selain memiliki patil yang sangat tajam ikan ini juga memiliki kandungan racun yang cukup untuk membuat orang menggigil seharian, terdapat 3 patil 1 yang berada di sirip atas dan 2 di sirip bawah, lihat pada gambar diatas.

Sekilas ikan ini mirip seperti ikan lele berkumis dan licin dan warnanya pun sama, yang membedakan adalah ekornya yang mirip seperti lintah, tidak megar seperti ikan lele.


bagi yang belum pernah lihat ikan sembilang diatas foto detail ikanya sebelum jadi pepes ikan yang rasanya palik enak dan gurih. Siap di panggang di Kompor gas.