Kamis, 06 November 2014

Antusiame Pencaker Dalam Bursa Karir Pemkot Bekasi

Acara yang di sediakan oleh Pemerintah kota bekasi dalam hal ini Dinas tenaga kerja memang sangat di tunggu-tunggu oleh para pencari kerja, sebagain penganguran terdidik yang berdomisili di bekasi dan sekitarnya berbondong bondong datang ke sini, acara ini di adakan 3 hari mulai tanggal 4-6 November 2014




Acara di buka pukul 09:00 di Mega Mall Bekasi Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jawa Barat 17144 ratusan pencari kerja memadati lantai 3 Megamall bekasi, terlihat dari foto antusiasme dari para pencari kerja memadati pintumasuk, gambar di ambil saat pukul 10:30 Siang di hari ke dua nampak antrian panjang pencari kerja hingga 3 banjar memadati pintu masuk satu persatu.


Ini menandakan bahwa acara job fair ini sangat di nanti natikan terutama para pencari kerja, luar biasa banyak yang berkunjung kesini, terutam para lulusan SLTA yang memadati tempat ini:


Jika saya lihat acara ini ketika berkunjung kesini, bukan saja menyajikan stan perusahaan tetapi terdapat seminar karir untuk memberikan pemehaman dan serba serbi seputar karir.



Saya terkejut ketika masuk kedalam stan, Luar Biasa padat, bukan main-main acara ini terlihat pada gambar diatas sebagi besar pengunjung adalah lulusan SLTA sederajat yang masih fress sebagai pencari keja yang akan terjuun ke dunia industri, yang begitu antusias untuk mendapatkan pekerjanan walaupun tanpa pengalaman kerja.

Selain berdesak desakan diarea tengah bursa karir, di sisi belakang pintu masuk juga sangat ramain, di stan ada juga yang sedang menulis form aplikasi yang diberikan oleh beberapa perusahaan sebagai form isian calon karyawan, nanpaknya area ini terlalu sempit untuk kegiatan ini, dari pantauan saya panitia tidak menyiapkan ruang untuk tulis menulis  seperti meja dan bangku untuk kegiatan ini, sehingga ada yang dilantai, di stand stan kosong atau di didinding partisi.
Seperti yang saya ceritakan diatas selain bursa karir juga ada workshop dan seminar karir tampak 50 deret bangku berjajar didepan podium yang bertuliskan bursa kerja bekasi. Sungguh luar biasa, saya salut kepada pemerintah kota bekasi yang memfasilitasi warganya bukan hanya mencarikan tempat,dan mengumpulkan berbagai macam perusahaan tetapi memberikan arahan dan motifasi juga kepada calon pencari kerja dengan mengadakan workshop dan diskusi karir.

Sekilas saya tangkap dari pembicara bpk Heri Kuswara SE. S.Kom. M.Kom bahwa mayoritas dari para pencari kerja adalah kurang memahami potensi diri dan kemampuan berkomunikasi. yang sebagian besar didominasi oleh pencari kerja yang masih fress alias anak anak yang baru lulus sekolah. Selain itu yang paling menarik pembahasan pertanyaan pertanya seputar wawancara kerja bagaimana cara menjawab dan mensiasatinya, seputar gaji dan kemampuan psikotes.

lagi-lagi saya mengacungkan jempol kepada dinas tenaga kerja kota bekasi, selain telah memfasilitasi pencari kerja dengan kegitan bursa karir, mereka juga memfasilitas pembuatan kartu kuning kilat, lansung di stan ini. bagi yang belum memiliki kartu kuning tanpa biasa alias gratis.

Artikel ini hanya sebagain kecil dari hiruk pikuk mencari kerja, Saya berharap kepada pemerintah kota bekasi acara ini selalu diadakan, mengingat dari tahun ketahn jumlah pencari kerja semakin bertambah, dan saya berharap juga dapat memfasilitasi dengan menciptakan ribuan lowongan pekerjaan, Selain bekerja sama dengan dinas pendidikan kota, juga dapat memberikan dukungan berwira usaha kepada calon lulusan mahasiswa atau pelajar yang nantinya akan lulus bukan hanya mencari kerja tetapi dapat menjadi seorang enterprenuer pengusaha buda terutama di kota bekasi sebelum lulus, sehingga dapat mengurangi tingat pengguran terdidik.