Jumat, 03 Oktober 2014

Tips Menulis Cerpen Dari Bunda Helvy Tiana Rosa



Gambar di samping adalah slide dari Bunda Helvy Dalam Seminarnya yang berjudul "Melejitkan Kreatifitas Melalui Creative Writing" yang saya ikuti pada awal september 2014. Sangat Bagus dan patut di acungkan jempol, sampai saya tertarik ingin seperti Beliau Menciptakan cerita cerita atau cerpen yang berkualitas.

Jujur saja saya tidak pernah mengikuti seminar penulisan cerpen, sebagian besar seminar yang saya ikuti bertajuk Teknologi. 

Mungkin Tulisan ini menjadi sharing informasi saja, untuk menambah wawasan dan pengalanan, syukur-syukur dapat membuat kita tertarik untuk menulis sebuah cerpen.

Ada 2 hal menarik dalam seminar ini,
yang pertama Hal yang menarik Pada Awal sesi bunda helvy meminta 10 peserta untuk maju mngikuti sebuah games, dimana ternyata games ini menyambungkan potongan cerita yang di ceritakan oleh bunda helvy di awal permainan dan diteruskan hingga ke peserta paling akhir. Games ini meyambungkat cerita sehingga menjadi sebuah cerita yang menarik rumitnya game ini adalah menyambungkan setiap adegan yang terjadi dari 10 isi kepala dan sepuluh pemikiran yang berbeda beda, dari setiap peserta yang mengikuti games ini.


Dari games diatas tadi saya berkesimpulan bahwa membuat cerpen itu mudah, tinggal kita sambungkan cerita cerita yang menurut kita itu baik. dan ikuti alurnya. Dan Bawa ceritanya kedalam hati, resapi hingga menemukan jati diri dari cerita tersebut.


Begitu pula paparan dari Bunda Helvy, Ternyata menulis cerpen itu mudah, berikut ini paparan "tips" yang di jelaskan bunda helvy kepada peserta:

Dengan nada suara yang begitu keibuan bunda menjelaskan, "Yang Anda Perlukan Dalam Menulis Cerpen adalah Tekad, Latihan, Wawasan", tekad disini adalah kemauan atau niat untuk menulis, bercerita, dan memaparkan sebuah kisah. Sedangkan latihan adalah kegiatan yang dilakukan berulang ulang agar kita menjadi mahir dan terbiasa dengan kegiatan tersebut. Sedangkan wawasan adalah kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki seseorang baik itu sebuah ilmu, pengalaman atau pendidikan.

Dari 3 hal tersebut anda dapat mengembangkan sebuah cerita hingga lebih menarik. jangan lupa menulis dari HATI, "menulis dari hati" sebab itu akan menjadi nyawa anda dalam sebuah tulisan.


Masih menurut bunda Helvy sambil menerangkan dengan logatnya seperti seorang dosen, dalam menulis cerpen juga harus "Berusaha keras" karena dengan berusaha semua ide gagasan akan muncul ditengah jalan, dan jika ananda sebagai seorang pemula dalam menulis Buat sebuah  "Struktur Cerita" agar ceritanya punya arah dan konsep yang jelas, hal ini juga sebagai pedoman dalam penulisan agar awal dan akhirnya sebuah tokoh dan cerita dapat diceritakan dengan jelas.

bagi yang sudah terbiasa menulis cerpen "Struktur cerita" dapat di abaikan yang yang tidak kalah penting menurut bunda helvy adalah "FOKUS"

Fokus berarti "berkonsentrasi" terhadap apa yang kita tulis.


dan Harus di Fokuskan perlu di ingat!!!. "anda tahu betul apa yang akan anda tulis" jangan sampai tulisan tersebut membebankan kita, karena ketidak tahuan dan kurangnya pengetahuan kita dalam memaparkan sebuah cerita


Masih menurut bunda helvy buat rangkaian cerita seperti "roller coaster" kenapa?..... 
kok bawa bawa roller Coaster!!!

karena menurut bunda Helvy biar lebih menarik disatu sisi ada kalanya cerita itu mendebarkan, ngeri mendengarnya, serem atau takut, bikin suana yang "menakjubkan" seolah olah cerita tersebut indah dan menajubkan, seru, dan tuju sasaran yang ingin di dapat apakah ingin memberikan pesan moral, pelajaran atau sebuah pengalaman hidup, biarkan pembaca marah dan juga sedih, dan tuliskan semua perasaan dalam cerita.




dan sampailah di sisi akhir seminar, dan ini hal yang menarik kedua dimana sesi pada seminar akhir ini tersebut sisalah satu sesi terakhir, dimana peserta seminar di wajibkan membuat cerpen dalam waktu 10 menit langsung sebanyak minimal 3 paragrap dengan tema yang berbeda beda.

Dan apa yang  terjadi?....


dan luar biasa sekali dari 170 peserta semua rata rata menuliskan cerpen dengan cepat  "mungkin sebagian besar pengalaman pribadinya" walau pun tidak sampai selesai dan menurut bunda helvy sambil menceritakan cerpen yang di tulis oleh setiap peserta satu persatu dengan memberikan komentar komentar yang menarik sehingga membuat semangat setiap pesertanya. "ini Membuktikan bahwa paparan yang di berikan kepada peserta dapat mengalir dan dapat dipahami kesetiap peserta" sungguh luar biasa penyajian dari setiap paparan bunda Helvy.

........................


"Jika Anda Ragu dan bimbang Tuliskanlah sebuah kata, lalu tuliskan lah lagi sebuah kata, lalu tuliskan sebuah kata lagi,lalu Berhenti dan istirahatlah sejenak, baca dan rangkai lah menjadi sebuah kalimat yang menarik dan rasakan ide yang mengalir dalam tulisan anda"