Selasa, 28 Oktober 2014

Sumpah Pemuda Sebagai Momen Pembentukan Karakter Bangsa

"Sumpah Pemuda Sebagai Momen Pembentukan Karakter Bangsa" Merupakan Judul Tema dari kegiatan seminar kebangsaan yang diadakan Oleh Kampus BSI Dalam menyambut hari sumpah pemuda. Pada kesempatan ini dihadiri oleh perwakilan dari beberapa sekolah SMA dan SMK yang berada di sekitar Kampus BSI Kalimalang dan juga angota dari Senat Mahasiswa BSI.
 Salah satu Pembicaranya Adalah Orang orang Muda juga yaitu berasal dari Kalangan Artis salah satunya Tommy Kurniawan, Tulisan ini merupakan saduran dari isi pemaparan yang diberikan Oleh Mas Tommy Kurniawan Pada acara seminar kebangsaan. Yang Menurut saya isinya sangat bagus dan mendidik, terutama untuk para pemuda dan pemudi. Mari kita simak bersama sama.

Sebenarnya didalam agenda pembicara terdiri dari 3 orang dari kalangan akademisi, dari kalangan pengusaha muda dan dari kalangan artis.

Hanya saja berhubung saya datangnya terlambat jadi hanya dapat mendengarkan pembicara ke 3 saja dari kalangan Artis, karena saat itu berbarengan dengan acara seminar Internasional jadi saya menghadiri acara seminar Internasional Dahulu Pada sesi Awal.


Pada seminarnya mas tommy bercerita tentang masalalunya sebagai sorang pemuda hingga saat ini, Menurutnya sebagai seorang pemuda yang cinta akan bangsanya sendiri Bahawa "sebagai seorang pemuda selayaknya kita dapat memberikan apa yang bisa kita berikan untuk bangsa", Menurut saya acara ini sangat luar biasa, untuk menambah jiwa kebangsaan untuk para generasi muda yang saat ini mulai tergeser. Terlihat antusiasme para peserta dengan merekam pembicaraan mas tommy oleh peserta dan dialok interaktif yang dibawakan oleh mas tommy. Masih dalam pemaparanya Mas Tommy, ada 4 point terpenting untuk menjadi seorang pemuda yang memiliki karakter baik menurutnya adalah, Apa yang bisa dilakukan untuk diri kita antara lain:

1, Mengenal diri sendiri.
Sebagai seorang pemuda hendaknya kita dapat mengenal siapakan diri kita ini, apa sebenarnya tujuan kita,dengan membekali diri untuk dapat mempersiapkan menjadi pemuda yang berkarakter mulia.

2. Bangun Karakter diri
Dengan membangun karakter diri seorang pemuda dapat memposisikan dirinya menuju kemajuan dan kesejahteraan bahkan bukan untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk bangsa dan negara
3. Verifikasi Tujuan hidup
Verifikasi tujuan hidup dapat membantu kita dalam menyelesaikan berbagai konflik yang melanda,dengan memperbaiki apa yang tidak sesuai baik dari norma atau kebiasaan.

4. Berani mengambil keputusan
Seorang pemuda harus berana mengambil keputusan walupun berat baginya dan yang paling terpenting adalah dengan mengingat sejarah bangsa dan perjuanganya, akan membawa kita terus berusaha agar tidak salah melangkah, selain itu jangan lupakan agama karena seberapabesar keberhasilan anda tetapkan itu berasaldari ridho allah SWT.

Mungkin ini sekelumit cerita semoga bermanfaat, tentunya untuk para pemuda dan Pemudi. Teruslah Berkarya dan kenali jadi tiri anda. Untuk membangun Bangsa Ini


 diakhir acara sangat beruntung sekali saya bisa berfotodengan mas Tommy, Sukses Buat BSI, Sukses Buat Pemuda dan pemudi Dan Sukses Buat semua. 

Selamat Hari Sumpah pemuda, semoga moment ini bisa membawa kita khususnya para pemuda dan pemudi bisa berkarya terus untuk memajukan bangsa dan Negara Indonesia. Seperti apa yang sudah di cita citakan.





"Walupun Masa Lalu Sudah Menjadi Sejarah, Tapi Teruslah Terkarya Biar Sejarah Yang Akan Menceritakan dan Memaparkan Karya-karya Kita Pada Bangsa Ini"